194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong

ABSTRAK

Tujuan penelitian  ini  adalah:  1)  untuk  meningkatkan  proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman dengan sustained silent reading siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul dan, 2) untuk meningkatkan   keterampilan   membaca   pemahaman   dengan   sustained  silent reading siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul.
Jenis  penelitian  ini  adalah  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK).  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mendak Ponjong Gunungkidul yang berjumlah 13 siswa dengan perincian 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Desain penelitian yang digunakan adalah model penelitian yang dikembangkan   oleh   Kemmis   dan   Mc   Taggart.   Teknik   pengumpulan   data penelitian menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa   penggunaan   sustained   silent reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Mendak. Proses pembelajaran menjadi lebih baik, siswa menjadi lebih aktif dalam menjawab pertanyaan, siswa  aktif dalam kegiatan membaca, siswa berani dan semangat maju untuk membaca secara individu, dan siswa aktif dalam melaksanakan perintah guru untuk menuliskan kembali kesimpulan isi  bacaan. Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dapat dilihat dari peningkatan nilai  rata-rata siswa pada akhir siklus II yaitu sebesar 17,69 yang kondisi awal sebelum diadakan penelitian sebesar 60 meningkat menjadi 77,69.

Kata kunci : keterampilan membaca pemahaman, sustained silent reading, Sekolah Dasar
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong 194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong 194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong 194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong

Belum ada Komentar untuk "194. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Sustained Silent Reading Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mendak Ponjong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel