35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas  8 SMP Negeri 13 Semarang yang menunjukkan tingkat hasil belajar kognitif siswa rendah.   Rumusan   masalah   yaitu Apakah layanan   bimbingan   kelompok berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif pada siswa kelas VIII SMP N 13 Semarang. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang pengaruh hasil belajar kognitif melalui layanan bimbingan kelompok. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subyek penelitian adalah kelas 8. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dan uji hipotesis (wilcoxon).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif. Rata-rata hasil belajar kognitif sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria sedang (66,90%). Setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok, rata-rata hasil belajar kognitif masuk dalam kategori tinggi (73,08%). Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa diketahui  thitung = 120 dan  ttabel = 25, arti Ho penelitian ditolak dan Ha diterima, jadi nilai thitung > ttabel. Dengan demikian, hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Simpulan  dari   penelitian   ini   adalah   hasil   belajar   kognitif   sebelum diberikan  layanan bimbingan  kelompok  masuk  dalam  kategori  sedang  karena siswa belum memahami indikator-indikator hasil belajar, hasil belajar kognitif siswa setelah diberikan informasi masuk dalam kategori tinggi dan ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Bagi guru bk agar memanfaatkan   layanan   bimbingan   kelompok   dengan   cara   melaksanakan bimbingan kelompok sesuai dengan kebutuhan siswa untuk meningkatkan hasil belajar  kognitif  siswa.  Bagi  peneliti  lain  yang  tertarik  untuk  memperkuat penelitian ini, agar dapat melakukan penelitian dengan tema yang berbeda. Dapat pula digunakan sebagai acuan penelitian lanjutan.

Kata kunci: Hasil belajar kognitif, layanan bimbingan kelompok.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang 35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang 35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang 35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang

Belum ada Komentar untuk "35. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ranah Kognitif Pada Siswa Kelas Viii Smp N 13 Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel