36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasar pada fenomena di kelas V SD Negeri Plalangan  01 Gunungpati  yang  memiliki  motivasi  belajar  rendah  berdasarkan hasil analisis Daftar Cek Masalah (DCM) pada siswa kelas V. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten teknik mind mapping dan apakah layanan penguasaan konten teknik mind mapping berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pre test-post test. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan dengan delapan kali pemberian perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas  V dengan jumlah 37 siswa dan sampelnya menggunakan sampling jenuh sehingga jumlah subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Alat  pengumpulan data  menggunakan  skala  psikologis  yaitu  skala  motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping mengalami peningkatan sebesar 9,23%. Rata-rata prosentase pada tiap indikator  motivasi  belajar  sebelum  mendapatkan  layanan penguasaan  konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten teknik mind mapping termasuk dalam kategori   tinggi. Peningkatan   motivasi   belajar   siswa   yang   lebih   spesifik ditunjukkan dari hasil analisis uji t-test dengan menggunakan taraf signifikan 5%, hasil analisis uji beda diperoleh thitung = 10,465 dan ttabel = 2,021, jadi thitung > ttabel sehingga dinyatakan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh pada motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping.
Simpulan dari penelitian ini bahwa setelah diberikan perlakuan berupa layanan penguasaan konten teknik mind mapping terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri Plalangan 01. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru selalu berusaha melakukan inovasi dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan dan semangat dalam mengikuti pelajaran.

Kata Kunci: motivasi belajar, layanan penguasaan konten, mind mapping.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri

Belum ada Komentar untuk "36. Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel