86. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa
ABSTRAK Ada banyak tantangan yang dihadapi guru dalam meng-implementasikan Pendidikan yang berkualitas di Indonesia, Dalam menghadapi tantangan itu akan sangat tergantung pada tingkat kompetensi guru. Guru yang berkompeten akan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran dan penilaian yang menyenangkan bagi siswa, sehingga dapat mendorong tumbuhnya motivasi belajar pada diri siswa. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan sangat menentukan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Melalui model pembelajaran yang tepat diharapkan siswa tidak hanya dapat pengetahuan, namun juga memiliki kesan yang mendalam tentang materi pelajaran, sehingga dapat mendorong siswa untuk mengimplementasikan konsep nilai-nilai Pendidikan dalam kehidupan seharisehari. Pada prinsipnya Kompetensi guru adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik serta bertanggung jawab dalam membantu kedewasaan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kompetensi guru terdapat berbagai macam yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Sampel dari penelitian ini adalah 130 Siswa. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dimana individu diambil secara acak dari kelas 1 sampai kelas 2. Dintaranya remaja yang masih bersekolah di MAN 3 Malang, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Dari hasil penelitian variabel kompetensi guru dengan indikator kompetensi pedagogik guru memberikan sumbangn 0,456 atau koefisien diterminan r2=0,4562=0,209 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 20,9%. Kompetensi kepribadian guru memberikan sumbangan 0,364 atau koefisien diterminan r2=0,3642=0,132 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi kepribadian guru terhadap motifasi belajar siswa sebesar13,2%. Kompetensi profesional guru memberikan sumbangan 0,368 atau koefisien diterminan r2=0,3682= 0,135 yang berarti sumbangan efektif guru sebesar 13,5%. Kompetensi sosial guru memberikan sumbangan 0,370 atau koefisien diterminan r2=0,3702= 0,137 yang berarti sumbangan efektif faktor kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 13,7%. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan korelasi Product Moment karl person untuk menguji validitasnya dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket dengan skor 0,760 untuk Kompetensi Guru dan 0,807 untuk Motivasi Belajar. Untuk menguji hipotesisnya, digunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson, dengan hasil xy r = 0,503 dengan p=0000 taraf signifikansi <0,050 dan r tabel sebesar 0,176 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitan ini semakin tinggi Kompetensi Guru maka semakin tinggi pula Motivasi Belajar siswa. Serta dari penelitian ini di dapat koefisien determinasinya sebesar sebesar r 2 = 0,503 2 = 0,253 yang artinya ada sumbangan efektif 25,3% variabel Kompetensi Guru dengan semua aspek yang terkandung didalamnya terhadap Motivasi belajar siswa
Tag Favorit :
86. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "86. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa"
Posting Komentar